Pages

Tuesday, November 8, 2016

Forum DAS Citarum Karawang Perbaiki Jalur Talang Air Pertanian

KARAWANG - PJT 2 melalui Forum DAS Citarum Karawang, meperbaiki kondisi jalur talang, yang dijadikan jembatan penghubung dua desa, antara Desa Klari dan Cibalongsari, Kecamatan Klari yang saat ini kondisinya rusak parah.

Menurut Ketua Forum DAS Citarum Karawang, Asep mengatakan, jalur talang ini sebenarnya bukan untuk jembatan penyebrangan kendaraan. Tapi warga dan para karyawan dua desa tersebut selalu menggunakan jalur talang ini sebagai jembatan penyebrangan alternative. Padahal usia jalur talang itu sudah 91 tahun, sehingga sudah tua dan kondisinya rusak parah.

“Padahal sudah enam kali yang melintasi jalur ini jatuh kesungai, karena jalurnya kurang dari satu meter dan tidak ada penjaganya. Namun awarga tidak ada yang kapok melintas jalur talang ini,” ujar Asep, disela-sela kegiatannya itu, kepada Karawang Publik selasa (8/11).

Sebenarnya jalur talang ini, terang Asep, tidak untuk dlintasi terutama kendaran, tapi untuk jalur lebih dekat warga dan karyawan dua desa yaitu desa klari dan desa cibalong sari, menjadikan jalur talang ini, sebagai jembatan penyebrangan alternative padahal sudah ada jembatan penyebrangan yang lebih aman.

“Sebagaimana mestinya dan fungsinya untuk menjaga hal hal yang lebih buruk lagi. Apalagi jalur talang ini dipenuhi sampah sehingga saluran dari talang ini tersendat untuk mengairi sawah sawah petani,” katanya.

Menurut wargapun kondisi jembatan talang sudah tua dan benar tidak pernah ada perbaikan padahal jembatan atau jalur talang ini termasuk langka karena didirikan pada jaman belanda sehingga sekarang bersyukur ada perbaikan.

“Memang jalur talang ini untuk pengairan mengaliri sawah, namun akibat masyarakat ingin cepat jadilah jalur talang ini dijadikan jembatan. Padahal kalau sudah rusak bias repot semuanya,” ujar Rasim warga Klari.(zar)

No comments:

Post a Comment